Bunaken Island Joint Survey & Drivetest – Feb 26 2010

Network coverage atau area cakupan jaringan suatu operator seluler adalah salah satu poin yang selalu dikembangkan seiring berjalannya waktu. Salah satu operator seluler yang projeknya lagi gw kerjain di Manado ini menginginkan layanannya bisa dinikmati di Pulau Bunaken, ikon unggulan kota Tinutuan sekaligus surga bagi para pecinta keindahan bawah laut.

Jumat pagi, sekitaran jam 7.30, gw udah ada di kantor. Padahal kalo hari biasa jam 9 aja masih di mess :P. Berbekal laptop dan aki pinjeman dari pemilik mobil rental kantor. Hari itu sebenernya tanggal merah alias hari libur nasional, Maulid Nabi Muhammad SAW. Cuman buat kita2 yang kerja di bidang service delivery macem gini, mau ngga mau harus tetep kerja, dengan harapan duit kompensasi libur yang alhamdulilah sampe saat ini belum pernah turun 😛 piss. Target hari itu untuk tim gue adalah hasil drivetest dengan rute Manado-Bunaken dan beberapa sampel di tiga kampung di Bunaken, sedangkan untuk tim survei adalah mendapatkan lokasi yang cocok untuk pembangunan tower.Setelah semua tim berkumpul, kita langsung menuju ke dermaga Manado di mana perahu sewaan udah menunggu untuk nganterin kita muter-muter Bunaken. Begitu kapal mulai bergerak, gw nyiapin aki plus inverter (penghasil arus AC) sementara Suaib nyiapin tools drivetestnya. Aki udah diisi penuh dan udah gw coba sebelumnya untuk nyalain inverter tanpa ada masalah. Keanehan dimulai ketika Suaib memasang charger laptop ke inverter. Lampu indikator charger terlihat berkedip dan ngga ada tanda-tanda charging di indikator batere di Windows. Damn, another mistake from me…setelah dicoba ngutak-atik beberapa kali batere laptop tetep ngga ngisi. Belakangan gw ukur di mess, ternyata memang masalah arusnya yang ga ngangkat walaupun voltasenya masih sekitaran 12 volt, akinya udah lemah. Kita putusin aja untuk ambil sampel di kampung  aja make laptop Dell gw yang baterenya lumayan awet , dengan harapan bisa ngisi nanti di rumah penduduk.

Sekitaran jam 11 siang kita sampai di kampung Bunaken. Tim survei langsung menuju lokasi pertama untuk melihat situasi di sana. Untuk pengambilan data drivetest, diputusin untuk memakai ojek alias motor sewaan penduduk setempat. Di pulau Bunaken ini memang ngga ada mobil, cuman ada motor, seperti di Pulau Pramuka di kepulauan Seribu atau Koh Phi Phi di Thailand sono. Suaib mendapat kehormatan untuk nyelesein ojek drivetest ini, setelah sebelumnya laptop Dell gw udah gw siapin. Suaib duduk di belakang abang tukang ojek, mengambil posisi duduk menyamping ala ibu2 yang mau belanja ke pasar. Kabel GPS gw puterin di layar laptop biar ga beribet, handset ditaruh di atas keyboard, takut disconnect kata si Suaib. Setelah siap, Suaib langsung melaju menyusuri lorong-lorong kampung denga rute kampung Bunaken, kampung Tanjung Parigi, dan berakhir di kampung Alung Banua. Ga lama gw nunggu, tim survei ternyata udah kelar liat-liat lokasi pertama. Mereka sekarang mau menuju ke lokasi kedua di kampung Alung Banua. Biar ngga ribet, gw kirim SMS ke Suaib untuk nunggu aja di Alung Banua kalo udah beres rutenya, sedangkan sisa tim langsung juga menuju ke arah yang sama menggunakan perahu.

Sesampainya di kampung Alung Banua, ternyata Suaib udah kelar drivetest dan terlihat lagi asik ngudut ngeliatin laptop gw yang udah keabisan batere. Tim langsung menuju ke titik kedua, yang lokasinya di sekitaran titik tertinggi di pulau Bunaken ini, berketinggian sekitar 90 meteran. Untuk menuju lokasi ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri jalanan kampung yang udah di semen. Setengah perjalanan terakhir tim mendapat bonus tanjakan yang cukup menguras keringat. Hari itu cukup panas, kelihatannya matahari lagi semangat2nya bagi kalor ke bumi. Sekitaran 1 km berjalan, kita sampe juga di lokasi kedua. Setelah beres liat-liat lokasi, oleh pemilik tanah yang kebetulan juga kepala lingkungan situ, kita diundang untuk menikmati kelapa muda hasil kebunnya. Lebih dari sepuluh kelapa muda disiapin buat disantap, dengan cara tradisional, cuman dibuka kulitnya sedikit sampe berlubang sebesar lubang botol trus…glek…glek…glek… Seger banget, apalagi buat kita yang udah banyak kehilangan cairan tubuh. Gw juga nyempetin buat jalan2 bentar ke kebun belakang yang punya tanah, secara klo gw liat2 kemungkinan view-nya bagus. Gw ajak Ook n Suaib. Dan emang ngga mengecewakan, pemandangan laut Bunaken terlihat begitu indah. Manado Tua dan puncaknya tampak menjulang dengan kokoh. Ngelakuin ritual bernarsis ria sejenak trus balik ke rumah kepala lingkungan.

Di atas pulau Bunaken

Manado Tua

Selesai urusan sama lokasi kedua, tim menuju ke kampung Tanjung Parigi untuk makan siang. Beruntung banget, bapak pemilik rumah makan bisa nyediain genset untuk ngisi batere laptop gue. Listrik di Bunaken memang hanya ada dari genset PLN yang nyala dari jam 5 sore sampe jam 5 subuh keesokan hari. Dengan batere yang penuh lagi, rute Bunaken – Manado bisa diambil data drivetest-nya.

Ketika perahu jemputan sudah datang, masalah muncul lagi. Perahu sewaan ini ternyata lagi ngeladenin tamu laen juga yg ternyata waktu sewanya beririsan sama waktu pulang kita. Setelah dibicarain, akhirnya kita ganti perahu soalnya perahu yang kita sewa tadi akan dipakai snorkeling sama tamu laen. Ya gapapa, yang penting bisa pulang sekaligus drivetest rute laut. Seperti biasa, gw ma Suaib nyiapin perangkat, kali ini tanpa inverter. Gw nyiapin leptop dan Suaib nyiapin handset plus GPS, agak ribet juga soalnya ini kapal umum, jadi mungkin mengganggu penumpang yang lain. Kapal udah mulai melaju, laptop pun mulai merekam sampel. Rute pulang dilalui cukup cepat tanpa ada masalah sedikit pun. Batere laptop juga masih bersisa sampai di dermaga Manado. Report sudah menanti untuk dikerjain. Well……kalo kaya macem pilem perang, bunyinya bakal:

“Mission accomplished…”

Drivetest di kapal...jarang2 bisa gini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s