1st Backpacking : Thailand! pt 1

Hi there, still the world….progressing…creating balance between all elements that exist…hehehehe….

Well, sekarang gw pengen share tentang perjalanan gue backpacking ke Thailand selama liburan midterm gw di MMU. Sebenernya gw ngga pernah mimpi or ngerencanain soal perjalanan ini sebelumnya, bahkan engga pernah kebayang untuk ke Malaysia sekalipun. Dan ternyata Allah ngasi gw cerita idup yg ngga pernah gw bayangin sebelumnya. So, ide gila ini muncul waktu gw ama temen2 udah beberapa hari di Cyberjaya, temen gw bilang ada pantai yang bagus banget di Thailand, dan secara jarak KL – Thailand ngga begitu jauh (berbatasan langsung) biayanya pasti ngga bakalan mahal. Akhirnya gw coba searching-searching di internet, termasuk di Wikitravel yang akhirnya jadi main guide buat gw selama jalan ke Thailand.

Akhirnya, planning awal gw beres and decided to go at August 3rd 2008, right at the beginning of the midterm break. Budget yg gw planning adalah sekitar RM 420 (sekitar Rp 1,3 juta), gw ambil aja RM 500 sekalian buat cadangan. Awalnya temen2 gue agak ogah coz itu lumayan mahal, tapi gw yakinin duit itu diambil dari allowance yg dikasi sama MMU, akhirnya mereka oke n…..berangkat!!!!

Kuala Lumpur – Had Yai, Aug 3rd 2008

Tempat yang kita tuju adalah Koh Phi Phi atau Phi Phi Island. Pulau ini terkenal dengan Maya Bay-nya yang konon dipake buat syuting film The Beach yang dibintangin sama Leonardo DiCaprio. Lokasinya di lautan lepas di sebelah selatan Thailand. Untuk sampai ke sana, kami harus menempuh beberapa fase perjalanan, coz naek jalan darat (secara ngga mampu kalo naek plane :P). Oke, perjalanan pertama yang harus ditempuh adalah melewati perbatasan negara Malaysia-Thailand, yaitu ke Thailand Shoutern Hub, yang ngga lain adalah kota Had Yai. Perjalanan ini gw tempuh naik bus malem berangkat dari Puduraya Bus Station di KL sekitaran jam 10.30 malem (local time). Bus yang bolak-balik KL-Had Yai setau gw cukup banyak, bisa sampe 5 trip seharinya, mulai dari sekitar jam 9 pagi sampe paling malem jam 22.30.

So, kita berangkat dari MMU sekitar jam 6 pm naek Rapid KL T429 ke Putrajaya Sentral trus nyambung RapidKL E1, turun di Pasar Seni. Selanjutnya tinggal jalan kaki sampe di Puduraya. Well, abis makan malem sama beli beberapa keperluan kita langsung ke Puduraya dan ppffffff……we’re going to Had Yai!!!

Perjalanan KL-Had Yai memakan waktu sekitar 7 sampai 8 jam. Bus akan melalui highway road yang namanya (kalo ngga salah) route E1. Di perbatasan, penumpang harus turun untuk mengurus masalah keimigrasian. Daerah tapal batas Malaysia namanya Bukit Kayu Hitam. Di sana gw turun buat ngurus paspor, yang ternyata ngga bisa langsung di counter, gw jg ngga tau knapa dan disuruh masuk ke office Immigresen. Damn, gw paling kesel berurusan sama orang2 ini. Mereka ngga pernah ada respect sama orang Indonesia. Eh, tau gw student di Cyberjaya langsung berubah sok sopan..taek lah!!!

Abis itu, masuk Thailand, kita ngurus imigrasi lagi, tapi kali ini plus bawa barang bawaannya coz harus discan X-Ray dulu. Bagian ini lancar-lancar aja. Finally, tiba di Had Yai pagi banget jam 7an, sesuai rencana.