CCIP 2008 pt.1: Exhibition

CCIP is stands for Cross Cultural Integration Programme, a program held by MMU students which is dedicated as a cultural event in order to introduced students’ country culture each other. Program ini diadain dari tanggal 7 Juli – 10 Juli 2008 bertempat di Cyberjaya Campus. Beberapa acara yang masuk di list rundown ingetan gue itu adalah Cultural Exhibition, Cultural Night, and terakhir ada Grand Dinner. Gw bakal bahas satu persatu nih acaranya.

Cultural Exhibition
7-10 Juli 2008, Cyberjaya

Event ini bertempat di area kampus di antara FOE dan FCM. Setiap negara yang berpartisipasi dikasih satu buah booth buat nampilin semua kebudayaan mereka. Ada booth dari India, Bangladesh, Saudi Arabia, Malaysia, Libya, Cina, dan tentunya Indonesia, dan masih banyak lagi booth-booth yang gw lupa negara mana ajah. 

Indian Booth

Indonesia ngga mau ketinggalan donk, tetep buka booth. Berkat kerja keras temen-temen ngedekor, ngehias and ngejagain nih booth berdiri dengan megah. Ada beberapa Indonesian stuff yang dipamerin seperti Ondel-ondel, keris, batik and some other stuffs gw lupa. Temen-temen juga nampilin beberapa tarian khas daerah and juga make pakaian khas daerah. Nih potonye:

Indonesian booth with two Ondel-ondel at the front

Indonesian booth with two Ondel-ondel at the front

Gw juga sempet nyoba ke Chinese booth and nyobain bikin Chinese calligraphy. Susah juga bikinnya, megang kuasnya kudu bener, and bikin goresannya juga ngga sembarangan. Gw sama temen-temen juga ngga lupa buat nyobain semacam sumpit (panah yang ditiup) dari East Malaysia Division.

Chinese calligraphy tutorial session

Chinese calligraphy tutorial session

Raiz give a shot!

Raiz give a shot!

Selaen booth-booth tadi, selama exhibition ini disiapin juga semacam panggung kecil di tengah-tengah booth. Stage kecil ini digunain sama negara yang pengen ngasi performance seperti tarian atau upacara adat. Contohnye dari India nampilin prosesi pernikahan yang bener-bener sesuai sama prosesi yang asli. Di stage dipasangin segala pernak-pernik buat pernikahan, dari kursinya, dekorasi, patung-patung pokoknya lengkap dah. Di prosesi pernikahan ala India ini, ternyata si mempelai pria menunggu di tempat dan mempelai wanita berjalan dari rumah menuju ke tempat prosesi diiringi oleh keluarga dengan membawa semacam seserahan.

Indian stage during marital process (sayang udah pulang yg kawin...udah ngga nahan kali yak??)

Indian stage during marital process (sayang udah pulang yg kawin...udah ngga nahan kali yak??)

Indonesia nampilin prosesi Mitoni, ritual yang diadain saat ibu hamil memasuki bulan ke tujuh. Prosesi ini berasal dari Jawa Tengah. Sayang gw dah ngantuk banget and ngga bawa kamera, jadi ngga sempet ngeliat atopun jepret-jepret. Oke, segini dulu. Ntar gw lanjutin lagi sama part 2 and part 3 tentang performance anak-anak Indonesia di Cultural Night sama Grand Dinner.

Advertisements

2 comments

  1. eez · July 17, 2008

    PERTAMAX boz !!!!

    wah cakep banget tuh gw

  2. Pingback: CCIP 2008 pt. 2: Cultural Night « the core progression

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s